Inilah Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan kaya akan gizi merupakan pilihan bagi setiap orang. Tidak terkecuali bagi mereka yang ternyata mengalami penyakit diabetes. Konon menu makanan bagi penderita diabetes cukup sulit, banyak sekal yang harus dihindari. Padahal makanan yang sehat dan bergizi juga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes untuk meningkatkan ketahanan dan energi tubuh supaya proses penyembuhan lebih cepat.

makanan penderita diabetes

Diabetes merupakan kondisi dimana gula darah dalam tubuh naik yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan. Mengontrol kadar gula dalam darah bukan berarti harus menghindari makanan yang dilarang, tetapi harus tahu apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan yang baik bagi penderita diabetes adalah yang mengandung serat tinggi, mengandung nutrisi seperti kalsium, omega 3, dan vitamin D yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Berikut inilah menu makanan yang sehat dan bergizi bagi penderita diabetes :

Beras Merah

Salah satu makanan pokok orang indonesia yang terkenal adalah nasi. Khusus untuk penderita diabetes, akan lebih baik menggantikan nasi putih dengan nasi merah atau beras merah. Karena kandungan beras merah dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dibanding beras putih. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah. Bandingkan dengan beras putih, sedikit saja beras putih anda  konsumsi biasanya mudah diserang kantuk lalu tidur. Saat tidur setelah makan, dipercaya menjadi penyebab kadar gula darah naik. Baca juga tentang obat diabetes yang alami dan ampuh disini 🙂 .

Gandum

Gandum hampir sama dengan beras merah, gandum juga bisa menjadi makanan pokok bagi penderita diabetes karena kandungan karbohidratnya yang kompleks, serta kandungan fiber yang tinggi. Beras gandum adalah sereal paling bergizi yang dikenal sebagai makanan penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah yang tentunya berkaitan erat dengan diabet. Studi menunjukkan bahwa pengaruh buruk dari kolesterol tinggi dapat diminimalisir oleh beta-glucan, jenis serat yang hadir dalam gandum. Sekitar 4% – 10% kadar kolesterol telah terbukti berkurang dengan bantuan serat yang bersumber dari gandum ini. Makanan hasil olahan gandum bisa Anda temukan pada roti maupun oatmeal.

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan pokok yang sangat bermanfaat dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dikonsumsi sebagai cemilan yang dimasak dengan cara direbus.

Makanan pokok lainnya seperti : ketela pohon dan kentang

Bayam

Kandungan lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. kandungan lutein tersebut sangat berguna agi kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Bayam juga melindungi jantung dari berbagai kerusakan dengan mencegah lemak menempel pada pembuluh darah. Karena kolesterol sangat memicu penyakit jantung, penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi bayam setiap hari minimal setengah mangkuk.

Sayur-sayuran lainnya seperti : tauge, kangkung, sawi hijau, daun selada, dan paria.

Buncis

Jenis sayur kacang-kacangan seperti buncis diperkaya dengan serat pangan yang memiliki kemampuan dalam hal mengurangi kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah secara cepat sehabis makan. Anda bisa minum jus kacang buncis sedikitnya 3/4 cangkir setiap hari. Hasil yang akan diperoleh tak lain adalah LDL, trigliserida, dan kolesterol total menjadi berkurang. Buncis termasuk sayuran yang rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes atau resistensi insulin.

Brokoli

Brokoli telah terbukti menggandeng sifat menurunkan kolesterol. Anda bisa mengukus brokoli agar matang jika ingin dimakan. Serat pada brokoli secara mekanik mengikat asam empedu di saluran pencernaan dan kemih, sehingga jumlah kolesterol lama kelamaan akan terkuras dari dalam tubuh. Brokoli bisa Anda jadikan salad, sup, atau tumisan sayur.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat tinggi (senyawa dalam kacang-kacangan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, menstabilkan gula darah dan menurunkan kolesterol). Suatu penelitian menunjukkan kandungan mineral dalam kacang-kacangan dapat membantu membakar lemak tubuh.

Kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa menggantikan daging merah. Untuk itu selalu masukan menu kacangan-kacangan seperti kacang buncis, polong, atau kacang merah untuk membuat gula darah tetap stabil.

Buah Acai Berry

Senyawa antidoksidan pada blueberry dan beberapa jenis buah “berry” sangat baik bagi tubuh. Semakin gelap warna kulit buah, semakin banyak kandungan zat antidioksidan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis tanaman berry yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah Acai Berry. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 pada Acai Berry dapat memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.

Adapun buah-buahan lain yang baik dikonsumsi yaitu : Buah naga, apel, mengkudu, pepaya, cuka apel, alpukat, jambu air, dan belimbing wuluh.

Daging

Daging termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, termasuk juga penderita diabetes akan lebih berenergi bial ditambahkan dengan konsumsi daging-dagingan. Diantara yang dianjurkan adalah daging tuna dan salmon

Susu

Selain matahari, sumber kalsium terbaik adalah produk susu. Kombinasi vitamin D dan kalsium sangat bagus untuk penderita diabetes. Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan lebih dari 800 IU (Internationa Unit) vitamin D per harinya, risiko komplikasi diabetesnya berkurang hingga 33 persen dibandingkan wanita yang kurang asupan kalsium dan vitamin D nya. Akan lebih utama mengkonsumsi susu yang murni dibanding susu olahan.

Teh Hijau

Meski rasanya sedikit pahit, teh hijau selalu diekspor ke banyak negara di dunia. Teh hijau memang terkenal memberikan efek stimulan pada jantung karena kandungan polifenol katekinnya. Sementara itu, para peneliti juga memaparkan bahwa minum teh hijau segelas setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL, tetapi tidak membantu mengurangi trigliserida atau meningkatkan HDL dikarenakan bebas kalori. Oleh sebab ini pula, teh hijau sangat cocok menjadi minuman herbal untuk orang yang sedang diet.

Biji Bunga Matahari

Sebagai camilan bagi penderita diabetes, biji bunga matahari atau kuwaci inilah pilihan yang tepat karena Biji bunga matahari termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol, di dalamnya terdapat kandungan sterol yang banyak dengan kemampuan menghambat kolesterol.

 

Demikianlah menu-menu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Anda juga tidak perlu mengkonsumsi semuanya dalam bersamaan, pilihlah menu tersebut sesuai takaran yang disarankan oleh dokter. Semoga bermanfaat 🙂

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.