Daftar Obat Asam Urat Apotik

Daftar Obat Asam Urat Apotik

Daftar Obat Asam Urat Apotik _ Asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

( Baca juga mengenai Obat Wasir Alami Minyak Zaitun )

Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian dan tentu berbeda dengan sakit rematik yang kadang banyak orang salah memahami. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain. Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

Resiko Penyebab Asam Urat

  • Gaya Hidup. Konsumsi makanan yang mengandung purin yang tinggi, konsumsi alkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Kondisi Medis. Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus asam urat.
  • Obat-obatan. Pemakaian obat seperti diuretik, aspirin harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko.
  • Usia dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria.

Daftar Obat Asam Urat di Apotik

Kortikosteroid

Obat asam urat dengan merk kortikosteroid dapat diberikan kepada penderita baik dalam bentuk tablet maupun suntikan. Kortikosteroid digunakan untuk gangguan produksi hormon oleh kelenjar adrenal yang mengakibatkan tubuh kekurangan hormon steroid dan banyak jenisnya. Kondisi lain yang sering diobati dengan kortikosteroid antara lain adalah penyakit alergi seperti asma, urtikaria konjungtivitis alergi dan lainnya, penyakit autoimun, peradangan sistemik, transplantasi, pembengkakan otak, dan masih banyak lagi. Khusus untuk mengatasi asam urat digolongkan dalam dexamethason.

Harga yang umum dijual di apotik obat dexamethason 0,5 mg 100’s dibandrol dengan harga Rp.9.800,-

( Baca juga tentang Obat Wasir herbal ampuh )

Ketoprofen

Ketoprofen adalah obat untuk meredakan nyeri akibat berbagai kondisi. Obat ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri, bengkak, dan kaku sendi akibat radang sendi, artritis, rematik, dan asam urat. Ketoprofen merupakan golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat ini bekerja dengan memblok produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Efek ini membantu Anda mengurangi bengkak, nyeri, atau demam.

Harga obat 50 mg @50 tablet dibandrol dengan harga Rp.30.000,-

Meloxikam

Meloxicam adalah salah satu obat antiinflamasi nonsteroid. Obat ini umumnya digunakan untuk meredakan gejala-gejala arthritis, misalnya peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot. Contoh penyakit radang persendian yang biasanya ditangani dengan meloxicam adalah osteoartritis, rheumatoid arthritis, dan ankylosing spondylitis.

Harga obat per 7,5 mg @50 tablet dibandrol dengan harga Rp.22.500,-

Allopurinol

Allopurinol adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Selain karena pola makan yang kurang sehat, kadar asam urat juga bisa naik akibat pengobatan kemoterapi pada penderita kanker. Kadar asam urat yang tinggi tidak hanya dapat menyebabkan penyakit asam urat atau gout, namun juga bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Untuk mengurangi kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah, anda bisa minum obat Allopurinol. Allopurinol merupakan salah satu jenis obat generik yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik, harganya pun cukup terjangkau. Allopurinol mampu menghambat xanthine-oxidase yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi.

Harga per 100mg @100 tablet dibanrol dengan harga Rp.16.000,-

Piroxicam

Piroxicam adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs) yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Cara kerja NSAIDs adalah dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin, yaitu senyawa yang dilepas tubuh dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan.

Piroxicam sering digunakan untuk mengurangi gejala-gejala arthritis, seperti peradangan, pembengkakan, serta kaku dan nyeri otot. Harap diingat bahwa piroxicam hanya dapat mengurangi gejala, namun tidak menyembuhkan artritis.

Harga obat Piroxicam 20 mg x 10 x 10/12 butir :

  • Rp. 180/butir
  • Rp. 15.000/box isi 100/120 butir

Colchicine

Colchicine merupakan obat yang dapat meredakan gejala rasa sakit akibat serangan mendadak dari penyakit asam urat. Dokter akan meresepkan colchicine apabila pasien penyakit asam urat tidak bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit dari golongan antiinflamasi nonsteroid karena alasan tertentu.

Serangan penyakit asam urat sendiri terjadi ketika kristal-kristal tajam yang terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah mulai mengiritasi tendon dan persendian. Selain rasa sakit yang mengganggu, iritasi ini juga menyebabkan pembengkakan dan radang.

Untuk pengobatan gejala penyakit asam urat, dosis pertama colchicine adalah 1000 mikrogram atau 1 miligram kemudian dilanjutkan 500 mikrogram atau setengah miligram tiap 2-3 jam hingga gejala mereda.

( Anda juga bisa mencari Obat Ambeien di Apotik disini )

Dosis maksimal colchicine adalah 6 miligram per rangkaian terapi untuk satu serangan penyakit asam urat. Sedangkan untuk mencegah serangan penyakit asam urat, dosis yang biasa dikonsumsi adalah 1-1,5 miligram tiap hari.

Harga obat colchicin tablet 500 mcg ktk 10 x 10 tablet dibandrol dengan harga Rp.36.690,-

Komplikasi Penyakit Asam Urat

Terdapat beberapa masalah yang dapat ditimbulkan dari akibat adanya sakit asam urat yang berkelanjutan tanpa penanganan yang tepat. Masalah tersebut yang biasa kita sebut dengan komplikasi asam urat yang diantaranya adalah sebagai berikut ;

Penyakit Batu Ginjal

Asam urat di dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk air seni melalui ginjal. Adakalanya asam urat tersebut menciptakan endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya yang tinggi. Jika ukuran endapan masih kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami melalui saluran kemih. Namun jika ukurannya terlalu besar, maka bisa menimbulkan penyakit batu ginjal.

Muncul Benjolan

Biasanya benjolan tersebut muncul pada penderita penyakit asam urat parah atau yang sudah lama tidak ditangani. Namun ada juga benjolan yang muncul pada orang yang bahkan belum pernah mengalami serangan penyakit asam urat. Meski sering kali tidak menimbulkan rasa sakit, rutinitas sehari-hari (misalnya berpakaian atau makan) bisa terganggu jika benjolan tumbuh di jari tangan.

Benjolan yang dimaksud dinamakan dengan tofi. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan kecil berwarna putih atau kuning di balik kulit yang terbentuk dari akumulasi kristal-kristal asam urat. Benjolan tofi biasanya muncul pada lutut, siku, jari kaki dan jari tangan, lengan, tumit, atau bahkan telinga.

Masalah Pada Sendi

Kristal-kristal natrium urat yang terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi lambat laun bisa merusak sendi. Bukan hal yang mustahil jika kerusakan sendi secara permanen bisa terjadi apabila kondisi ini tidak kunjung ditangani. Jika sendi sudah rusak, maka operasi terpaksa harus dilakukan oleh dokter untuk memperbaiki atau menggantinya.

Masalah Psikologis

Perubahan suasana hati dan stres bisa saja dialami oleh penderita penyakit asam urat. Bukan hanya karena nyeri luar biasa yang dirasakan, tapi juga efek dari kondisi ini yang membuat rutinitas sehari-hari menjadi terganggu. Jika diabaikan, maka tidak mustahil bisa mengarah kepada depresi. Maka dari itu, sebelum muncul masalah psikologis yang lebih serius, segera temui dokter jika Anda adalah penderita penyakit asam urat dan Anda merasa stres dengan kondisi yang dialami.

( Artikel bersumber dari Alodokter.Com )

Pantangan Penderita Asam Urat

  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Burung dan kelelawar.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.
This entry was posted in Pengobatan. Bookmark the permalink.